Masing masing daerah memiliki budaya dan
selera yang berbeda – beda. Karenanya jika kita mengamati tariannya terdapat
perbedan bentuk gerak dan teknik memperagakannya.
Ragam gerak tari kerakyatan banyak menggunakan
imitatif dan ekspresif. Gerakannya menirukan kegiatan dan emosi manusia sampai
menirukan perangai binatang.
Ragam gerak tari klasik banyak
menggunakan gerak murni dan gerak ekspresif serta imitatif yang telah distilir
atau diperhalus. Tema gerakannya juga menirukan kegiatan manusia dan perangai
hewan tetapi gerakannya sudah terpilih dan mempunyai nilai simbolik dengan
patokan atau pola- pola gerak yang sudah ditentukan. Berikut ragam gerak tari
daerah :
A.
Gerak Tangan
a. Ngruji / ngrayung,
semua jari rapat tegak lurus, ibu jari masuk ditekuk merapat telapak tangan.
Tangan kiri dan kanan sama.
b. Nyempurit, ujung ibu jari
bertemu dengan ujung telunjuk membentuk
bulatan dan jari – jari lainnya melengkung mengikuti arah jari tengah. Tangan
kanan dan kiri sama.
c. Nagarangsang /
boyomangap, seperti ngruji atau ngrayung hanya ibu jari membuka lurus kedepan.
Tangan kanan dan kiri sama.
d. Nyekithing, ruas ibu jari
bersinggung dengan ruas jari tengah paling depan, jari–jari lainnya melengkung
searah jari tengah.
e.
Ukel, Gerakan tangan dengan memutar pergelangan tangan berlawanan arah jarum
jam, dengan posisi tangan ngithing.
f. Kebyok, gerak kebyok adalah gerakan tangan dengan menggunakan
selendang yang dihentakkan ke pergelangan tangan dengan menggunakan selendang
sehingga selendang menyangkut dipergelangan tangan.
g. Kebyak, adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang
dihentakkan atau dibuang sehingga selendang lepas dan tidak lagi menyangkut di
pergelangan tangan. Gerak kebyak dilakukan setelah kebyok.
h. Ulap-ulap, posisi tangan seperti
ngrayung, dengan posisi pergelangan tangan ditekuk dan posisi ibu jari berdiri,
terletak lurus pada dahi/kening (seperti hormat). Ulap-ulap ada 2 yaitu
ulap-ulap kanan dan ulap-ulap kiri.
1) Ulap-ulap kanan
Ulap-ulap
kanan adalah gerakan tangan kanan menekuk di depan kening,
sedang tangan kiri menekuk dipinggang (malangkerik)
2) Ulap-ulap kiri
Ulap-ulap kiri adalah
tangan kiri yang menekuk di depan kening, sedang tangan kanan menekuk di
pinggang (malangkerik)
i. Menthang, gerakan meluruskan tangan kesamping.
j. Seblak, gerakan menyibak selendang/sampur dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus kesamping badan. Kemudian arahkan selendang kebelakang. Seblak kanan kearah kanan, seblak kiri kearah kiri dengan tangan kiri, atau secara bersamaan.
j. Seblak, gerakan menyibak selendang/sampur dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus kesamping badan. Kemudian arahkan selendang kebelakang. Seblak kanan kearah kanan, seblak kiri kearah kiri dengan tangan kiri, atau secara bersamaan.
k. Panggel adalah mengadu pangkal kedua pergelangan tangan.
l. Trap jamang adalah satu jari tangan nyekithing disamping telinga sedangkan yang ainnya jari rapat dan lurus di depan kening dengan posisi tangan menghadap ke bawah.
m. Tawing-taweng salah satu tangan disamping telinga dengan jari tangan lurus dan rapat menghadap kebawah dan ibu jari menghadap keatas.
n. Udal rikma adalah gerakan seperti orang menyisir rambut.
o. Ledhang yaitu gerakan tangan melambai seperti orang berjalan.
p. Ukel karno yaitu memutar pergelangan tangan disamping telinga.
q. Ukel pakis adalah memutar pergelangan tangan didepan perut.
B.
Gerak Kaki
a.
Nggroda
Adalah
bentuk dasar gerakan kaki dimana posisi telapak kaki saling merapat bagian
tumit sedang bagian depan membuka 45 derajat (menghadap sudut).
2.
Mendak
Adalah
bentuk dasar kaki yang paling dominan, yaitu posisi lutut kaki ditekuk
(merendah). Posisi ini dilakukan selama menari. Bentuk telapak kaki nggroda
saat posisi kaki mendhak (lutut di tekuk).
3. Tanjak Kanan
Adalah
posisi kaki dimana letak telapak kaki kanan agak di depan telapak kaki kiri dan
kaki kiri dibelakang kaki kanan. Pada tari putri, tidak ada jarak antara telapak
kaki kanan dan kaki kiri. Sedang pada tari putra alus berjarak satu telapak
kaki, dan pada tari putra gagah lebih lebar lagi, dengan ukuran lebar kurang
lebih 2 x telapak kaki.
Tanjak kanan tari
putri
Tanjak kanan tari putra
4. Tanjak Kiri
Kebalikan
dari tanjak kanan.
5. Sila, adalah posisi duduk bersila. Kaki kanan didepan kaki
kiri.
6. Jengkeng
Adalah
posisi duduk di atas kaki. Jengkeng pada ketigajenis tari sangat berbeda. Pada
tari putri posisi kaki kanan sebagai tumpuan duduk, sedang posisi kaki kiri
didepan kaki kanan
Pada
tari putra, posisi kaki kanan sebagai tumpuan duduk, sedang kaki kiri membuka
kesamping kiri.
7. Sembahan, gerakan yang bertujuan memberi salam kepada orang lain.
7. Sembahan, gerakan yang bertujuan memberi salam kepada orang lain.
8.
Srisig
Srisig adalah posisi atau gerakan lari-lari
kecil, dengan posisi kaki jinjit dan mendak (lutut ditekuk).
9. Jinjit
Berdiri dengan menggunakan ujung telapak
kaki bagian depan.
9. Trecet
Trecet
adalah gerakan seperti lari ditempat dengan posisi kaki membuka dan jinjit.
10. Kenser adalah gerakan kaki dengan
berpindah posisi menggeserkan telapak kaki secara bersamaan.
11. Debeg yaitu mengntakkan ujung telapak kaki ,dengan tumpuan pada tumit.
12. Gejug menjatuhkan ujung jari kaki ke belakang.
13. Napak adalah sikap saat melangkah.
14. Lumaksono yaitu gerak kaki seperti orang berjalan.
15. Laku telu yaitu gerak kaki seperti lumaksono , namun dilakukan tiga langkah lalu esut.
16. Besut yaitu gerakan menarik kaki kanan dengan posisi semulanya kaki kanan terbuka selebar bahu dan serong kekanan sejajar kaki kiri.
17. Lilingan adalahgerakan seperti lumaksono namun arahnya memutar atau seperti mengeliligi.
C.
Gerak Kepala
1. Gedug, yaitu kepala tegak di
gerakan kesamping kanan dan kiri.
D. Gerak Badan
2. Engkyek, gerakan
badan dicondongkan ke kiri atau ke kanan, dengan sikap tangan lurus ke samping
4. Kirig, gerakan
bahu yang cepat pada saat tertentu.
E. Gerak Leher
1. Tolehan
Menolehkan kepala ke kanan atau ke kiri.
Gerak tekukan kepala ke samping kiri atau kanan
E. Gerak Leher
1. Tolehan
Menolehkan kepala ke kanan atau ke kiri.
2. Coklekan
Gerak tekukan kepala ke samping kiri atau kanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar